Header AD

6 Objek Wisata Air Terjun di Jawa Timur


Ada banyak objek wisata yang menarik di Jawa Timur, mulai tempat hiburan, tempar bermain, water park, museum Angkut, pemandian air panas, keindahan gunung-gunung, dan juga air terjun. Pada kesempatan ini admin ingin berbagi informasi mengenai beberapa objek wisata air terjun yang ada di Jawa Timur. 

1. Air Terjun Coban Sewu
Air Terjun Coban Sewu merupakan objek wisata yang berada di Dua Kabupaten yakni Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Coban Sewu ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Objek wisata ini terbilang masih perawan, terlihat dari keindahan dan kondisinya yang belum banyak terjamah oleh tangan jahil manusia. Sayangnya, akses menuju Air Terjun Coban Sewu masih belum begitu bagus, anda harus menyusuri tebing curam dan bebatuan licin. Perjuangan menuju lokasinya memang membutuhkan kesiapan fisik dan mental, namun semuanya akan terbayar saat melihat keindahan Air Terjun Coban Sewu. 
Air Terjun Coban Sewu
Air Terjun Coban Sewu. (foto: agenwisatabromo.com)
Keindahan Air Terjun ini adalah area air terjun yang luas dan tinggi berpadu dengan tebing curam dan airnya yang jernih. Karena ketinggiannya yang cukup ekstrem, jarang sekali orang mau menjelajah ke atas tebing. Jika ingin melihat air terjun dari bawah, anda bisa turun melalui Gua Tetes. Sesampainya di bawah, anda masih harus menyusuri sungai dan melawan arus sungai, berhati-hatilah melewati jalur ini. Setelah selesai menyusuri sungai, barulah suguhan pemandangan surga tersembunyi ini memanjakan pandangan anda. Ya, itulah Air Terjun Coban Sewu.

2. Air Terjun Banyu Anjlok
Apa keunikan dari Air Terjun Banyu Anjlok? Jika anda ingin menemukan air terjun sekaligus Pantai, maka datanglah ke Malang. Anda akan menemukan Air Terjun Banyu Anjlok yang letaknya di bibir pantai. Nama Banyu Anjlok sendiri lebih dikenal untuk sebuah nama pantai. Jika anda berniat untuk liburan kesana, siapkan perlengkapan untuk liburan di Pantai sekaligus air terjun. Airnya cukup jernih ditambah pasir pantai yang bersih sehingga bisa mempesona pengunjung Air Terjun Banyu Anjlok. 
Air Terjun Banyu Anjlok
Air Terjun Banyu Anjlok. (foto: wisatasenibudaya.com)
Lokasi Air Terjun Banyu Anjlok berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Untuk menuju kesana, hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua. Kondisi jalan menuju Air Terjun Banyu Anjlok cukup sempit dan melewati jurang di sekitarnya. Jadi, hanya cukup untuk sepeda motor atau pejalan kaki.

3. Air Terjun Coban Rondo
Objek Wisata Air Terjun Coban Rondo letaknya 12 km dari Kota Batu, yakni berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika menggunakan Kendaraan Pribadi, dari arah Batu – Pujon bisa melalui tanjakan yang landai, jalan berkelok dan tikungan tajam, anda akan sampai di Puncak Perbukitan. Kemudian, terdapat papan nama cukup besar memberikan petunjuk untuk belok ke arah kiri keluar dari jalan raya menuju Objek Wisata Air Terjun Coban Rondo.
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo. (foto: tabloidwisata.com)
Ketinggian air terjun ini mencapai 84 meter dan berada pada ketinggian 1135 meter di atas permukaan laut. Berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo yang letaknya di lereng Gunung Kawi dengan debit sebesar 150 liter per detik pada musim hujan. Jumlah debit air akan berkurang saat musim kemarau menjadi 90 liter per detik. Daya tarik yang disuguhkan objek wisata air terjun coban rondo ini adalah panorama air terjun dengan hembusan butir-butir air yang menyejukkan. Kesejukkan itu semakin lengkap berkat keindahan alam yang masih sangat alami.

4. Air Terjun Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi sangat terkenal dengan pelangi yang muncul di dasar air terjun. Biasanya pelangi muncul sekitar pukul 10.00 hingga 14.00 saat matahari menyinari air terjun tersebut. Bagi para pendaki Gunung Semeru, Air Terjun Coban Pelangi ini mungkin sudah tidak asing lagi. Karena sebelum pendaki memasuki pos pertama pendakian Gunung Semeru, Jeep yang mengangkut pendakinya harus melewati Air Terjun Coban Pelangi ini. 
Air Terjun Coban Pelangi
Air Terjun Coban Pelangi. (foto: tabloidwisata.com)
Dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, Air Terjun Coban Pelangi berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berada pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut, tinggi air terjunnya sendiri sekitar 110 meter. Lokasi Air Terjun Coban Pelangi berada di Desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya mencapai 30 kilometer dari Pusat Kota Malang. Rute perjalanan kesana cukup menantang, medan jalannya menanjak dan licin, anda harus berhati-hati.

5. Tujuh Air Terjun Sumber Pitu
Menarik, Tujuh Air Terjun Sumber Pitu atau warga sekitar Malang sering menyebutnya dengan nama Coba Sumber Pitu Pujo. Namanya memang baru terkenal dalam beberapa waktu ke belakang, berada di wilayah hutan milik Perhutani Kabupaten Malang. Keunikan air terjun ini memiliki 7 sumber air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar 50 meter. 

Air Terjun Sumber Pitu Pujon berada di Jalur Kota Batu, Malang – Kediri atau masih satu jalur dengan Air Terjun Coban Rondo. Lebih tepatnya, Air Terjun ini berada di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 
Tujuh Air Terjun Sumber Pitu
Tujuh Air Terjun Sumber Pitu. (foto: wisatajatim.info)
Di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Sumber Pitu Pujon, pengunjung akan disuguhi berbagai pemandangan petani lokal yang berkebun sayuran, hijau dan begitu asri. Setelah melewati perkebunan sayuran, pengunjung akan memasuki jalur tracking menuju hutan milik Perhutani. Setelah itu barulah pengunjung bisa menikmati keindahan suara gemercik air yang mengalir dari air terjun dimana di belakangnya terdapat tebing pegunungan yang melengkung. Seperti namanya Sumber Pitu, Air Terjun Sumber Pitu Pujon memiliki 7 Air Terjun.

6. Air Terjun Coban Talun
Destinasi Alam dari Kota Batu Malang memang tidak ada habisnya untuk dieksplore, salah satunya Air Terjun Coban Talun. Lokasinya berada di wilayah Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk menuju kesana memang cukup mudah, hindari hari libur atau weekend karena jalanan bisa macet. Untuk menuju kesanan anda harus melewati Jalan Jatim Park dan Museum Angkut, disitulah titik kemacetannya. 
Air Terjun Coban Talun
Air Terjun Coban Talun. (foto: turismwave,com)
Sesampainya di Lokasi, anda masih harus berjalan kaki menyusuri hutan pinus yang eksotik. Sebelumnya juga pengunjung harus menyeberangi 2 aliran sungai, hati-hati salah dalam menginjak. Setelah melewati track tersebut, pengunjung bisa memilih untuk menyusuri jalan menuju air terjun coban talun di bagian atas atau bagian bawah aliran sungai dari air terjun tersebut. Air Terjun Coban Talun memiliki ketinggian 75 meter. Keindahannya semakin lengkap berkat adanya batuan pegunungan yang sangat besar. 

Demikian beberapa informasi mengenai objek wisata air terjun yang ada di Jawa Timur, Semoga Bermanfaat. 

6 Objek Wisata Air Terjun di Jawa Timur 6 Objek Wisata Air Terjun di Jawa Timur Reviewed by Back Space on 21:29 Rating: 5

No comments

Post AD