Header AD

4 Tips Sederhana Agar Anak Aman Berada di Kolam Renang

Adanya global warming atau pemanasan global yang terjadi di seluruh dunia membuat suhu udara semakin meningkat. Panasnya udara saat musim kemarau membuat sebagian orang berbondong-bondong menginginkan udara yang sejuk. Hal inilah yang membuat banyak keluarga Indonesia memasang AC atau bahkan membuat kolam renang di rumahnya sebagai salah satu alternatif penyejuk di tengah cuaca yang panas. Tak sedikit juga yang membuat kolam renang untuk sekadar sarana olahraga, rekreasi bersama keluarga maupun penghias rumah.

Sama seperti area basah lainnya di area rumah, kolam renang tentu sangat beresiko untuk mencederai anggota keluarga terutama anak-anak. Jangan sampai aktivitas menyenangkan seperti berenang di kolam renang membawa petaka untuk Anda ataupun keluarga. Tentu Anda ingin memberikan perlindungan yang maksimal untuk keluarga Anda selagi mereka bersenang-senang di kolam renang. Berikut ada beberapa cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan keluarga Anda saat bermain di sekitar area kolam renang.

Memasang pagar di sekitar kolam renang
Untuk mencegah anak Anda masuk ke dalam renang seorang diri, sebaiknya Anda memasang pagar di sekeliling kolam renang dengan tinggi minimal 130 cm, dengan karakteristik pagar yang tidak dapat dipanjat. Jika Anda memasang jenis pagar apa saja, hal ini dikhawatirkan tidak akan memberikan proteksi penuh dalam mencegah anak-anak masuk ke kolam renang. Mereka akan tetap masuk ke kolam renang dengan memanjat. Oleh sebab itu, memasang pagar di sekitar kolam renang perlu dilakukan agar anak Anda aman dari segala bahaya yang dapat terjadi.

Menjauhkan segala peralatan elektronik
Selain memasang pagar disekitar kolam renang, Anda perlu memperhatikan area disekitar kolam tersebut. Area kolam renang rawan membuat Anda dan keluarga terpeleset. Area yang berair juga dapat membuat Anda beresiko tersengat aliran listrik. Alangkah bijaksana, jika Anda memastikan tidak ada peralatan elektronik yang dapat membahayakan keselamatan Anda dan keluarga di area kolam renang. Namun jika ada beberapa alat elektronik disekitar kolam renang, sebaiknya susun sedemikan rupa barang elektronik tersebut agar jauh dari kolam seperti penataan lampu. Tempatkan juga secara rapi rangkaian kabel-kabel listrik disekitar kolam. Periksa secara teratur dan berkala apabila ada kerusakaan pada kabel listrik disekitar kolam renang. Segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Membuat peraturan di kolam renang
Berlakukan beberapa aturan ketat yang harus diataati oleh setiap anggota keluarga ketika bermain di kolam renang. Aturan-aturan ini dapat berupa larangan berenang di area dalam, larangan untuk berada di dekat hydrant, atau larangan berlari-lari di sekitar kolam renang. Pastikan aturan-aturan tersebut ditaati dalam pengaplikasiannya untuk dapat membuat orang-orang terkasih Anda memiliki momen yang menyenangkan dan bebas dari resiko kecelakaan di kolam renang.

Selalu mendampingi anak Anda
Jika Anda memiliki bayi atau balita, sudah sewajarnya Anda mendampingi mereka. Begitu pula jika Anda memiliki anak yang sudah sedikit lebih besar. Anda bisa mengawasi mereka dari tepi kolam renang. Berapapun usianya dan semahir-mahirnya mereka berenang. Sebaiknya tetap mengawasi anak Anda saat mereka bermain di kolam. Jangan sampai Anda teralihkan perhatiannya karena panggilan telepon atau hal lainnya. Selalu dampingi anak Anda semaksimal mungkin.

Itulah 4 tips sederhana untuk menjaga keamanan dan keselamatan keluarga Anda disekitar area kolam renang. Serahkan pembuatan kolam renang Anda kepada penyedia jasa pembuatan kolam renang yang profesional. Dengan begitu kolam renang Anda dipastikan dapat memenuhi standar keselamatan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!
4 Tips Sederhana Agar Anak Aman Berada di Kolam Renang 4 Tips Sederhana Agar Anak Aman Berada di Kolam Renang Reviewed by Back Space on 14.10 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD