Senin, 06 Agustus 2018

Menurut para pakar, 5 kebiasaan ini terbukti ampuh bikin awet muda


Semua orang pasti akan menua. Tetapi juga wajar jika sebagian besar orang ingin kemudaan mereka bertahan lebih lama. Pasalnya jika kulit, organ dalam, dan kelima indra kita awet muda, vitalitas pun bertambah. Tentunya kita bisa menjalani hidup dengan lebih sehat.

Untuk sebagian wanita, keinginan untuk tetap awet muda tampaknya sudah berkembang menjadi obsesi. Segala cara dilakukan agar penampilan fisik tetap muda. Mulai dari perawatan di klinik kecantikan sampai olahraga dan konsumsi suplemen antioksidan demi kulit bak remaja belasan tahun.

Sekarang ini sudah banyak produk perawatan anti-aging dengan berbagai kandungan dan fungsi yang bisa didapatkan di pasaran. Namun jika Anda ingin mendapatkan kulit sepuluh tahun muda, sebenarnya perubahan gaya hiduplah yang paling diperlukan.

Berikut ini Health.com telah merangkum deretan tips antipenuaan yang sudah terbukti ampuh menurut para peneliti, ahli dermatologi, dan pakar kecantikan.

1. Memakai tabir surya sebelum keluar rumah

"Memakai SPF adalah perawatan antipenuaan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kulit," tutur Angela Lamb, MD, asisten dosen dermatologi di Icahn School of Medicine.

Sebuah studi pada tahun 2013 yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine membuktikan bahwa orang-orang yang memakai tabir surya tiga sampai empat kali dalam seminggu memiliki risiko lebih rendah dalam mengalami penuaan kulit.

Jadi pastikan Anda selalu memakai krim tabir surya lebih dahulu sebelum beraktivitas di luar ruangan. Bukan hanya mencegah pigmentasi, tabir surya juga mampu melindungi kulit dari kerusakan, keriput, dan flek yang disebabkan oleh paparan sinar ultra violet.

2. Tidur cukup dan berkualitas

Susah tidur bisa membuat Anda terlihat lebih tua dalam semalam. Dalam seminggu, kulit mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Konsep beauty-sleep itu bukan cuma mitos. Tubuh memerlukan waktu untuk regenerasi dan proses pembaruan ini biasanya terjadi pada malam hari. Ketika kita tidur, sel sibuk memperbaiki berbagai kerusakan di bagian tubuh. Termasuk kulit wajah dan tubuh.

Jadi jangan biarkan insomnia yang Anda alami berlarut-larut. Sebaiknya hentikan juga kebiasaan begadang yang tak sehat itu.

3. Membatasi konsumsi gula

Konsumsi gula melebihi kebutuhan tubuh tak hanya berakibat pada kenaikan berat badan. Gula juga bisa menjadi biang keladi penuaan dini.

Menurut para ahli nutrisi dan pakar kulit, konsumsi gula akan memicu proses glikasi yang pada akhirnya akan mempercepat munculnya gejala penuaan.

Untuk membuktikan efek merusak gula pada kulit, Anda bisa mencoba eksperimen sederhana berikut. Jika kulit sedang bermasalah, coba hentikan konsumsi gula selama 1-2 minggu dan lihat hasilnya.

4. Rajin mengonsumsi sumber antioksidan

Konsumsi rutin buah dan sayuran yang kaya antioksidan seperti vitamin B dan vitamin E akan memberikan dampak positif bagi kulit.

"Antioksidan akan membantu melindungi kulit dari radikal bebas di lingkungan yang bisa merusak sel kulit," tutur ahli dermatologi Marnie Nussbaum, MD. "[Antioksidan] akan bekerja untuk mencegah radikal bebas memecah elastin dan kolagen kulit, menghasilkan kulit yang lebih muda dan sehat."

Untuk asupan vitamin B6 dan B12, santaplah ikan dan daging unggas. Sementara vitamin E bisa didapat dari wheat germ oil, biji bunga matahari, dan almond.

5. Makan makanan fermentasi

Makanan yang difermentasi seperti kimchi, yogurt, tempe, dan sauerkraut sangat kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Juga dapat melawan penuaan dini.

"Makanan yang difermentasi memiliki antioksidan hebat dan sifat anti-inflamasi," tutur Craig Kraffert, MD, seorang ahli dermatologi dan presiden Amarte.

0 komentar:

Posting Komentar