Selasa, 18 September 2018

3 Tugas Utama Dokter Ortopedi dalam Perawatan Pasien


Ortopedi merupakan cabang ilmu kedokteran yang menangani kasus muskuloskeletal (tulang, sendi, otot, ligamen, tendon). Sebagai ahli ortopedi yang terpercaya, dr. Lee Woo Guan membuka layanan konsultasi dan penanganan kasus muskuloskeletal. Dalam upaya perawatan pasien, dokter ahli ortopedi  mempunyai 3 tugas utama sebagai berikut.

1. Mendiagnosis Kasus yang Dialami Pasien

Sebelum melakukan penanganan, dokter mendengarkan keluhan pasien secara tuntas dan menanggapi keluhan tersebut dengan pertanyaan lebih lanjut. Setelah itu, dokter melakukan serangkaian pemeriksaan awal terhadap pasien. Tindakan pertama ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini pasien terkait keluhan yang dialami.

Pemeriksaan awal tersebut meliputi pemeriksaan fisik serta beberapa tes lainnya, meliputi tes MRI, rontgen, USG, dan tes darah. Hasil pemeriksaan awal ini selanjutnya digunakan sebagai sumber data dalam mendiagnosis kasus yang dialami pasien.

Dalam menentukan langkah penanganan terhadap pasien, dokter ortopedi mempelajari semua data yang diperoleh dengan cermat. Data tersebut meliputi hasil pemeriksaan pasien dan hasil wawancara dengan pasien. Setelah dipelajari, dokter menganalisis dan menyimpulkan jenis gangguan yang dialami dan menentukan penanganan yang sesuai.

2. Melakukan Tindakan Pengobatan

Usai menjalani serangkaian pemeriksaan awal dan wawancara, pasien diberitahu mengenai hasil diagnosis beserta dengan keputusan penanganan dari dokter. Langkah penanganan ini bertujuan untuk mengobati pasien hingga benar-benar sembuh total. Penanganan tersebut ada dua, yaitu dengan operasi ortopedi dan tanpa operasi sesuai dengan kondisinya.

Tindakan pengobatan ortopedi secara medis ini sangat membantu penyembuhan Anda, terlebih dengan penanganan oleh dr. Lee Woo Guan yang berpengalaman di bidangnya. Beliau sudah terpercaya dalam melakukan tindakan bedah ortopedi. Rehabilitasi pasien pasca operasi juga ditangani dengan baik, sehingga Anda tak perlu khawatir lagi.

3. Merekomendasikan Rehabilitasi Ortopedi

Tahap selanjutnya setelah pasien melalui tindakan pengobatan atau penanganan adalah rehabilitasi ortopedi. Tahap ini harus dilalui pasien untuk mengembalikan fungsi anggota gerak tubuh seperti sedia kala. Rehabilitasi pasca tindakan penanganan medis tetap berlaku untuk semua pasien, baik yang melakukan operasi ataupun tidak.

Rehabilitasi ortopedi ini meliputi pemulihan secara fisik dan mental dengan dipandu oleh ahli fisioterapi. Meskipun demikian, dokter ahli tetap memantau jalannya rehabilitasi dan mengontrol perkembangan kondisi pasien. Proses rehabilitasi ini dimulai saat pasien menjalani rawat inap hingga setelah rawat jalan.

Pasien rehabilitasi ortopedi diharapkan memenuhi setiap proses dengan baik agar cepat pulih. Patuhilah jadwal yang sudah ditentukan agar Anda bisa sembuh tepat waktu. Selain itu, pemulihan yang segera dilakukan akan lebih mengoptimalkan kemampuan anggota tubuh. Dengan demikian, hasil tindakan penanganan akan lebih optimal.

Ketiga tugas utama dokter ortopedi tersebut sangat kompleks dan pastinya sudah dilakukan oleh dokter profesional. Dr. Lee Woo Guan yang membuka praktik di Kuching Specialist Hospital memberikan pelayanan terbaik demi kesembuhan setiap pasiennya. Beliau melakukan 3 tugas tersebut dengan penanganan sesuai prosedur.

0 komentar:

Posting Komentar